Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMA PGRI 2 Marga Tiga
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative
Indikator
- Memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
- Menentukan pesan dalam cerita
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
- Siswa dapat menentukan pesan dalam cerita.
Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya:
CINDERELLA
Once upon a time, there was a little girl called Cinderella. She was pretty, loving and clever. But she was very poor. She lived with her step mother and stepsisters. They were very mean. They hated Cinderella very much. Fortunately, she met a prince. He fell in love with her. Then Cinderella became a princess.
Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal (5’)
Siswa memperhatikan slide show yang diperlihatkan oleh guru mengenai Narrative text.
2. Kegiatan Inti (35’)
§ Siswa mendengarkan teks lisan narrative secara klasikal sambil melengkapinya.
§ Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosa kata.
§ Secara berpasangan siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang teks narrative yang baru saja mereka dengarkan, termasuk menentukan pesan dalam cerita dan action verbs yang digunakan dalam teks.
§ Siswa mengemukakan pendapat berkaitan dengan teks tersebut.
3. Kegiatan Akhir (5’)
Siswa membuat kesimpulan tentang pesan dalam cerita.
Sumber/Alat/Bahan/Media
- Buku Look Ahead 3
- Power Point Slide Show
Penilaian
- Teknik: Lisan, tertulis
- Bentuk: Menjawab pertanyaan
Mengetahui : Kepala Sekolah WARIYANTO, S.Pd.I | | Marga Tiga, 26 Februari 2012 Guru Mata Pelajaran IIS SUJARWATI, S.Pd |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar